Wajib Tau Kelebihan dan Kelemahan Peugeot 206 di Indonesia

0

Body Depan Pug 206

Peugeot 206 sebagai mobil yang masuk dalam kategori city car merupakan salah satu mobil pabrikan berlogo singa yang terlaris di Indonesia. Hal itu wajar mengingat mobil ini berbentuk hatchback alias tanpa buntut yang digemari oleh masyarakat Indonesia, sedangkan seri mobil-mobil Peugeot sebelumnya didominasi tipe sedan yang hanya disenangi oleh penggemar yang sudah terlanjur fanatik.

Tidak heran sebagai mobil hatchback pertamanya Peugeot 206 langsung laris manis di tanah air sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2000 silam. Bentuknya yang mungil dan sporty membuatnya prakstis, sehingga pas sebagai pilihan mobil bekas untuk aktifitas harian orang berjiwa muda yang memiliki keluarga kecil.

Namun sebelum sebelum memutusakan untuk meminang Peugeot 206 bekas ada baiknya anda mengenal lebih jauh tentang sejarah, versi, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Peugeot 206 yang pernah dipasarkan di Indonesia.

Sejarah dan Tipe Yang Pernah Ada

Peugeot 206 dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2000 hingga 2006. Pada saat awal penjualannya hingga tahun 2003 mobil hatchback ini didatangkan utuh alias CBU dari Prancis. Dipasarkan dalam dua tipe, yaitu Standard dan Sporty. Keunggulan dari tipe Sporty adalah terdapat power window pada kedua pintu belakang, jok kulit dan sensor parkir, yang ketiganya tidak dijumpai pada yang tipe standard.

Kemudian karena penjualannya cukup laris maka Peugeot 206 tahun 2003 pertengahan, 2004, 2005 dan tahun 2006 mulai dirakit di tanah air(CKD) dan hanya keluar dalam tipe standard. Perbedaan antara Peugeot 206 yang CBU dan CKD adalah lampu utama sudah model diamond cut(kristal), suspensi tidka lagi keras, dan terdapat penambahan airbag+ABS+Matic tiptronic untuk yang  tahun 2005 ke atas.

Review Pengendaraan Peugeot 206

Karena tergolong mobil hatchback tanpa bagasi besar sehingga ukurannya mungil yang menjadikan mobil ini praktis untuk penggunaan harian di lalulintas jalanan kota yang padat. Karena itu mobil ini cukup responsif di jalanan yang macet, cukup sedikit injak gas maka mobil langsung melesat.

Namun sayangnya untuk versi manual pedal koplingnya lumayan membuat betis kiri  cepat pegal karena keras. Selain itu pedal kopling suspensinya juga terasa keras, keunggulannya adalah mobil ini stabil untuk di kecepatan tinggi namun untuk melewati jalanan rusak apalagi hanya di isi 1 atau penumpang maka bantingannya suspensinya kurang nyaman. Untungnya untuk versi rakitan lokal yang keluar setelha tahun 2003 sudah mengalami penyempurnaan pada bagian suspensinya yang menjadi lebih lembut.

Interior Dashboard Peugeot 206

Interior Dashboard Peugeot 206

Mesin berkode Tu3JP 1400 cc

Peugeot 206 menggunakan mesin dengan kode TU3JP  berkapasitas 1400 cc berkonfigurasi 4 silinder. Sayanganya mesin ini belum DOHC, alias masih SOHC yaitu hanya menggunkan camshaft tunggal untuk menggerakkan 8 katup di kepala silindernya. Namun mesin 206 ini sudah menggunakan suplai bahan bakar injeksi dan pengapian mesin sudah diatur oleh ECU alias komputer mesin.

Mesin Tu3JP keluaran Peugeot ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 75 Hp pada putaran mesin 5400 Rpm dan torsi sebesar 111 Nm diputaran mesin 3400 Rpm. Layaknya city car Suzuki Karimun pada umumnya mobil ini menggunakan penggerak roda depan.

Mobil ini tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 speed dan otomatis. Nah untuk tranmisi otomatis/matic terdapat dua tipe nih. Untuk yang keluaran awal hingga 2003 alias yang masih CBU matic-nya hanya 4 percepatan, sedangkan Peugeot yang keluaran 2003 akhir, 2004, 2005 dan 2006 matic-nya sudah menggunakan 5 percepatan dengan tekonologi canggih tiptronic alias giginya bisa “dimainkan” sesuai keinginan  pengemudi, mantap to masBro?

Kelemahan Peugeot 206

Walaupun desain body mobil ini begitu menarik namun sebaiknya anda perlu tau lebih dalam apa saja kelemahan Peugeot 206 ini. Sebenarnya dalam hal perawatan mobil ini tidak terlalu rumit pasalnya 206 ini merupakan mobil entry level di keluarga Singa Prancis sehingga untuk urusan mesin dan elektrikal dia tidak terlalu rumit seperti Peugeot tipe sedan atau minivan seperti 307 SW.

Kelebihan dan Kelemahan Peugeot 206

Kelebihan dan Kelemahan Peugeot 206

Namun tetap saja walaupun mobil entry level dia merupakan mobil eropa yang biaya perwatan dan harga sparepart-nya tidak semurah mobil Jepang. Lalu apa saja kekurangan mobil ini yang perlu diperhatikan?

Berikut daftar kelemahan Peugeot 206 yang penting anda ketahui jika tertarik dengan mobil hatchback Eropa ini:

  • Perhatikan Bagian Suspensi.
    Karena sudah berumur atau pemakainya yang kerap melibas jalan rusak maka suspensi atau kaki-kaki mobil rentan rusak, jika sudah rusak dia akan miring dan bunyi gluduk-gluduk. Perhatikan bushing, torsi, stabilizer, ball joint pada roda-roda depan dan belakang.
  • Dashboard dan Setir Mudah Ngelupas.
    Karena iklim tropis di negara kita yang begitu panas di siang hari, maka material pelapis dashboard dan setir seperti tidak dcocok dengan iklim di negara kita, akibatnya sering dijumpai retak-retak atau ngelupas pada bagian ini.
  • Kabin Kurang Nyaman. Kalau dari segi bentuk interior sebenarnya tidak ada masalah namun ukurannya yang kecil membuat jok belakang terlalu tegak dan ruang kakinya sempit. Selain itu posisi mengemudi juga kurang nyaman.
  • Pedal Kopling Keras.
    Untuk Peugeot 206 versi manual pedal koplingnya terasa keras sehingga kurang nyaman untuk berjalan di kemacetan.
  • Sparepart Mahal.
    Untuk ketersediaan sparepart walaupun tidak semudah mobil Jepang namun tetap tersedia di pasaran, hanya saja harganya sudah mulai mahal apalagi yang berhubungangan dengan kelistrikan dan part gearbox matic-nya.
  • Perhatikan AC.
    Kalau sudah tidak dingin atau saat AC hidup maka timbul bunyi berisik maka dipastikan komponen AC ada yang bermasalah. Perbaikan di sektor ini seperti ganti  kompresor, kondensor, atau evaporator biasanya akan menguras biaya yang besar.
  • Posisi switch power window tidak lazim.
    Posisi switch power window di mobil ini tidak lazim, letaknya ada di konsol tengah seperti mobil BMW 318i E36, namun yang aneh adalah letak switch power window belakang yang agak ke belakang konsol tengah sehingga sulit dijangkau.

Demikian beberapa poin-point penting yang kami kupas,  tentu setiap mobil ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga hal-hal tersebut perlu dipertimbangkan dan diperhatikan.

Terutama jika anda tertarik 206 versi transmisi otomatis perlu diperhatikan betul dengan seksama apakah ada oli yang bocor dari gearbox-nya atau ada gejala menghentak saat perpindahan gigi, perhatikan juga apakah perpindahan giginya bisa sampai ke gigi  tertingginya(4 atau 5), semoga ulasan kelebihan dan kelemahan Peugeot 206 tersebut dapat membantu anda.

Dipost dalam Topik: lain-lain oleh MasMun. Bookmark the permalink. peugeot 206, kelemahan peugeot 206, mobil peugeot 206, kelebihan dan kekurangan peugeot, kelebihan peugeot 206.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+