Kelebihan dan Kelemahan Daihatsu Ceria Yang Penting Diperhatikan!

0

Daihatsu Ceria sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki mobil pertama dengan lahan parkir di rumah yang terbatas. Hampir setiap orang yang tertarik dengan mobil ini, tertarik karena bentuk dan ukuran body-nya yang imut. Ukuran Daihatsu ceria yang kecil tentu sangat memudahkan bagi kita yang baru belajar mengemudi, utamanya saat berada di kemacetan atau saat akan parkir. Hehe betul tidak?

Namun sebelum memutuskan untuk menjadikannya sebagai pilihan mobil harian anda, ada baiknya simak dulu harga dan spesifikasi teknis berikut, sehingga anda paham betul akan detail kelebihan dan kelemahan Daihatsu Ceria ini.

Daihatsu Ceria Tipe KX Generasi kedua

Daihatsu Ceria Tipe KX Generasi kedua

Diluncurkan pada tahun 2000 sebagai satu-satunya City Car andalan Daihatsu, perlu diingat pada saat itu belum ada Daihatsu Sirion. Kapasitas mesin yang dimilikinya memang kecil hanya 850 cc dan masih menggunakan karburator, tapi tidak mutlak kecil juga karena saingan terdekatnya di kelas yang sama pada saat itu, yaitu Suzuki Karimun Kotak pun juga hanya menggunakan mesin berkapasitas 999 cc yang juga masih menggunakan karburator untuk suplai bahan bakar ke mesin.

Keduanya sama-sama menggunakan teknologi lawas peninggalan pendahulunya, jika Suzuki Karimun Kotak menggunakan mesin dan teknologi peninggalan Suzuki Forsa. Maka Daihatsu Ceria menggunakan mesin dan basis sasis yang mirip-mirip dengan Daihatsu Charade. Kalau boleh dikatakan ketinggalan jaman sih memang ketinggalan, namun daya tahan dan kemudahan perawatan mobil berteknologi lawas sudah terbukti handal hingga tahun 2019 ini.

PERUBAHAN – FACELIFT MODEL

Jika anda mengamati maka Daihatsu Ceria yang di-jual di Indonesia memliki dua tampilan, yang pertama ada yang menggunakan lampu depan kotak dan lampu depan bulat. Lalu apa perbedaan keduanya?

Untuk yang menggunakan lampu kotak adalah Mobil Ceria generasi pertama yang di-jual di Indonesia periode tahun 2000-2002. Ciri-cirinya adalah lampu depan dan belakang lebih mengotak, speedometer masih berada tepat di depan posisi supir dan warna interior gelap.

daihatsu ceria generasi pertama lampu kotak

Daihatsu Ceria generasi pertama lampu kotak

Sedangkan untuk generasi kedua keluaran tahun 2003-2006 lampu depan dan belakang sudah membulat dan speedometer ada dibagian tengah dashboard, warna interior juga menjadi lebih terang yaitu berganti menjadi warna krem kehijauan.

TIPE YANG TERSEDIA

Daihatsu Ceria dijual di Indonesia dalam 3 tipe, yaitu KL, KL+ dan yang paling lengkap KX. Tipe yang paling rendah belum dilengkapi fitur apa-apa, kemudian tipe KL+ sudah dilengkapi AC namun masih menggunakan velg kaleng. Sedangkan Ceria tipe KX sudah dilengkapi dengan AC, Power Window pada pintu depan, Central lock, radio tape, wiper belakang dan velg alloy.

Walaupun tipe KX sudah lengkap dengan berbagai fitur namun semua tipe mobil Ceria yang dijual tidak ada yang menggunakan fitur power steering yang berfungsi untuk meringankan putaran setir. Lalu apakah putaran setirnya menjadi berat? Perlu diketahui ban yang digunakan Daihatsu Ceria hanya berukuran 12 inch dan bobot mobilnya juga ringan, sehingga walaupun tanpa power steering putaran setirnya tidak terlalu berat.

REVIEW EKSTERIOR

Ukuran body-nya yang imut bisa jadi kelemahan utama Daihatsu Ceria, tapi bukan itu sesungguhnya. Bagi kebanyakan orang ukuran mungil ini justru menjadi daya tarik utama mobil city car yang keluar pada awal tahun 2000 lalu ini. Memiliki panjang hanya 3,36 meter dan lebar 1,4 meter mungkin membuatnya sebagai mobil terkecil yang pernah resmi dijual umum di Indonesia.

daihatsu ceria modif velg besar

Daihatsu Ceria modif velg besar

Dengan ukuran body mobil yang hanya segitu terasa pas saat digunakan harian untuk membelah kemacetan jalanan kota besar, sehingga mungkin beberapa dari kita yang baru ingin memiliki mobil pertama jadi jatuh hati pada si Imut ini. Selain itu lahan parkir di rumah yang terbatas bukan halangan buat mobil yang satu ini. Kalau jalan masuk ke rumah hanya jalan kecil? Selama lebarnya 1,5 meter mobil Ceria ini bisa masuk dengan mudah.

Keunggulan Mobil Ceria ini bukan hanya pada ukuran body-nya yang kecil tapi juga keunggulan lainnya, yaitu konsumsi bensin yang termasuk sangat irit. Gimana nggak irit coba, mesinnya hanya berkapasitas 850 cc menggunakan transmisi manual 5 percepatan jadi walaupun masih menggunakan karburator iritnya nggak main-main.

REVIEW INTERIOR

Dari eksterior kita beralih ke interior mobil Daihatsu Ceria, kalau dimensi luarnya kecil lalu bagaimana ukuran dalam kabinnya? Well, sudah pasti untuk ukuran dalamnya juga tidak terlalu lapang namun masih cukup untuk menampung 4 orang dewasa dan 1 anak kecil.

Kalau anda memiliki keluarga muda terdiri dari suami-istri yang memiliki 2 atau 3 anak kecil, ukuran kabin mobil ini masih layak kok untuk kendaraan harian anda. Ukuran kabinnya dan nyamannya masih mencukupi untuk mobil harian dalam kota, ditambah lagi bensinya yang irit.

dashboard Daihatsu Ceria Keluaran 2003 Keatas

Dashboard Daihatsu Ceria Keluaran 2003 Keatas

 

Jadi secara ukuran panjang kabin Daihatsu Ceria ini nggak kerasa sempit sebetulnya, karena ruang kaki untuk setiap penumpang depan dan belakang masih terakomodir dengan baik. Tapi secara lebar dia memang terasa amat terbatas.

Itu sebabnya kalau jok belakang di duduki oleh 3 orang penumpang dewasa akan terasa sempit sekali atau kalo boleh dibilang maksa. Jadi untuk jok belakang pas-nya hanya untuk 2 penumpang dewasa atau 3 penumpang anak-anak.

REVIEW SUSPENSI

Pada sektor kaki-kakinya mobil Ceria dibekali dengan suspensi depan bertipe McPherson yang dilengkapi dengan stbilizer dan bagian belakang menggunakan semi trailing coil spring. Hebatnya baik depan dan belakang tersebut semuanya sudah bertipe independent suspension, tidak heran walaupun kecil namun Daihatsu Ceria tetap stabil ketika dipacu di kecepatan tinggi.

Namun walau begitu suspensi tersebut terasa agak keras jika digunakan untuk melibas polisi tidur, terutama saat mobil hanya diisi satu orang. Tapi jika di isi penumpang hingga 4 orang suspensi belakangnya terasa normal dan tidak terlalu ambles.

REVIEW MESIN

Daihatsu Ceria menggunakan mesin berkode ED-10 berkonfigurasi 3 silinder dengan kapasitas 850 cc. Walaupun masih menggunakan karburator namun tenaga dan kehematan bahan bakarnya tidak perlu diragukan lagi, untuk penggunaan sehari-hari mobil ini sanggup mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 17 kilometer/liter.

Mesin tersebut dapat menghasilkan power sebesar 37 ps, walaupun terkesan kecil namun jangan salah tenaga segitu bisa membawa mobil Ceria ini berlari hingga 140 km/jam. Dengan kecepatan tinggi tersebut tidak salah jika Daihatsu membekali perangkat rem depan dengan rem cakram sedangkan rem belakang masih menggunakan tipe tromol.

Interior Mobil Daihatsu Ceria

Interior Mobil Daihatsu Ceria

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria

Kami sudah menyapaikan bahwa walaupun memiliki dimensi yang kecil dan teknologi mesin yang konvensional, ternyata city car ini tidak bisa dipandang sebelah mata sebagai mobil harian yang mengandalkan kepraktisan dan efisien dalam penggunaannya.

Namun wajib bagi kami untuk menyampaikan secara objektif apa saja Keunggulan dan kelemahan Daihatsu Ceria. Berikut ini kami rangkum 6 kelebihan dan kelemahan Daihatsu Ceria yang dijumpai oleh pengguna dalam kesehariannya.

KELEBIHAN:
  • Bensin Irit
    Mesinnya yang hanya berkepasitas 850cc menjadikan Daihatsu Ceria mobil yang irit bbm. Mudah saja untuk menggapai rata-rata konsumsi bbm di 17 km/liter untuk rute kombinasi, sedangkan dalam kota mampu mencapai konsumsi bensin antara 14 hingga 16 kilometer/liter.
  • Tenaga Cukup Mumpuni
    Walaupun mesinnya kecil nggak usah ragu deh dengan tenaganya, torsinya sebesar 62,7 Nm mampu membuat Ceria dengan mudah melibas tanjakan terjal. Selain itu top speed-nya juga mumpuni, walaupun kecil bisa berlari hingga 140km/jam. Tapi nggak perlu jugalah ngebut sampai segitu, toh mobil ini lebih dirancangn untuk penggunaan harian di lalulintas yang padat dengan konsumsi bahan bakar yang hemat.
  • Perawatan Mesin Mudah
    Karena masih menggunakan teknologi lawas maka mesin daihatsu ceria ini cukup mudah dirawat, tidak neko-neko. Asal anda rutin melakukan service perawatan berkala seperti yang dianjurkan oleh pabrikan Astra Daihatsu maka mesin tidak akan ada kendala.
  • Spare-Part Mudah
    Walaupun Daihatsu Ceria saat ini sudah tidak diproduksi lagi oleh Astra Daihatsu Motor, namun ketersediaan spare part-nya masih mudah kok. Banyak opsi pilihan di pasaran, terutama part yang non-ori atau KW. Selain itu untuk part mesin banyak persamaaan dengan part mobil lain, seperti Daihatsu Charde.Daftar persamaan spare-part untuk Daihatsu Ceria:
    – Shockbreaker belakang sama dengan punya suzuki carry.
    – Shock depan sama dengan punya suzuki forsa.
    – Regulator power window sama dengan punya Toyota Corolla.
    – Karet boot As roda sama dengan punya Corolla.
    Dinamo Fan radiator sama dengan punya Xenia/Suzuki Karimun.
    – Drive shaft / as roda sama dengan dengan punya Daihatsu Charade.
  • Mudah Parkir
    Keunggulan utama dari city car keluaran Daihatsu ini adalah mudah parkir, apalagi sebabnya kalau bukan karena ukuran body-nya yang imut. Jalan kecil pun bisa dengan mudah dilewati, lahan parkir di rumah pun tidak perlu terlalu lebar sehingga hemat tempat.
  • Fitur Cukup Lengkap
    Meskipun belum banyak fitur modern tapi standardnya Daihatsu ceria sudah dilengkapi dengan AC, power window pada kaca pintu depan, wiper belakang, central lock, tuas pembuka penututup bensin dari sisi supir, radio tape dan lampu rem di atas kaca belakang(hi mounted stop lamp). Sudah sangat cukup untuk penggunaan mobil sehari-sehari.

 

KEKURANGAN:
  • Kabin Sempit
    Namanya juga city car dengan ukuran yang imut, keleluasan kabin tentu memiliki batasan terutama anda yang memiliki keluarga besar jadi tidak bisa membawa seluruh anggota keluarga. Karena kabin belakangnya memiliki ruang yang terbatas, untuk mengangkut 5 orang dewasa saja akan terasa sempit.
  • Teknologi Masih Jadul
    Jika kita lihat bandingkna dengan sesama city car seperti Hyundai Atoz, teknologi yang ada pada Daihatsu Ceria ini seperti ketinggalan zaman. Hal itu disebabkan karena mobil ini masih menggunakan basis dari mobil daihatsu yang dikembangkan pada awal tahun 90-an.
  • Ukuran Ban Kecil
    Velg Daihatsu Ceria hanya berkuran 12 inch dengan ukuran ban 155/70 R12, ukurannya yang unik membuatnya agak sulit ditemui di pasaran sehingga agak susah kalau mau cari gantinya.
  • Bentuk Dashboard Aneh
    Untuk Ceria keluaran tahun 2003 keatas bentuk dashbaordnya agak aneh dengan panel instrument berada di bagian tengah. Sebenarnya nggak ada yang salah karena pada periode awal tahun 2000-an dulu beberapa mobil seperti Toyota Vios dan Nissan X-trail juga menggunakan desain dashoard center oriented seperti itu, namun terasa agak janggal untuk saat sekarang bagi sebagian orang.
  • Tombol Power Window Tidak Lazim
    Letak tombol power Window untuk Daihatsu Ceria tipe KX sedikit diluar kewajaran, yaitu berada di tengah dashboard sehingga untuk menggapainya agak sedikit kesulitan.
  • Warna Setir Belang
    Entah kenapa hampir setiap Daihatsu Ceria yang pernah kami lihat warna setirnya selalu belang akibat pemakaian dan sudah berumur, terutama yang generasi kedua. Tidak ada masalah dari sisi fungsi namun secara estetika jadi terlihat kusam dan tidak menarik.
Letak Tombol Power Window Tipe KX

Letak Tombol Power Window pada Ceria Tipe KX

Spesifikasi

Spesifikasi Daihatsu Ceria di Indonesia

Dimensi Body
Panjang (mm) 3.365
Lebar (mm) 1.405
Tinggi (mm) 1.415
Berat Total (kg) 1040
Mesin
Kode Mesin Tipe-E: ED-10 (847cc)
Isi Silinder (cc) 847 cc
Jumlah Katup 6 valves
Jumlah Silinder 3 in line
Diameter X Langkah (mm) 66,6 mm × 81,0 mm
Daya Maksimum (Ps/rpm) 37 PS @5.500 RPM
Torsi Maksimum (Nm/rpm) 62,7 Nm @3.200 RPM
Transmisi
Manual 5 Percepatan
Kapasitas
Penumpang (orang) 4 dewasa
Tangki Bensin (liter) 25

Daftar Harga Daihatsu Ceria Bekas

Harga Daihatsu Ceria di pasaran mobil bekas tergolong awet jika dibandingkan dengan harga barunya dulu. Itu menunjukan bahwa walaupun unit yang beredar di jalanan tidak banyak namun peminatnya selalu ada dan stabil jumlahnya. Untuk harga mobil bekas kembali lagi ke Kondisi mobil, riwayat perawatan dan kota dimana anda tinggal. Sebagai patokan berikut ini kami sediakn daftar harga Daihatsu Ceria Bekas dari tahun 2000 hingga 2006.

Harga Mobil Daihatsu Ceria

Tipe Harga
Daihatsu Ceria 2000 Rp 28.000.000
Daihatsu Ceria 2001 Rp 33.000.000
Daihatsu Ceria 2003 Rp 35.000.000
Daihatsu Ceria 2004 Rp 38.000.000
Daihatsu Ceria 2006 Rp 40.000.000
Brosur Daihatsu Ceria Lengkap

Download Brosur Daihatsu Ceria Lengkap

KESIMPULAN
Dimensi body yang mungil bisa jadi kelebihan sekaligus kekurangan utamanya. Namun bagi anda yang mengidamkan mobil pertama, menurut kami Daihatsu Ceria sangat pas untuk dijadikan pilihan mobil pertama. Jika anda memilih mobil bekas karena alasan gengsi mungkin mobil ini tidak pas, tapi jika alasannya adalah fungsionalitas dan kehematan untuk digunakan harian, maka dengan harga mobil bekas yang dibawah 50 juta rupiah rasanya mobil ini tidak perlu diragukan lagi.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , , daihatsu ceria review harian.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+