Tertarik Hyundai Atoz? Perhatikan Hal Berikut Agar Tidak Kecele

0

Hyundai Atoz di tahun 2019 ini memang menggoda untuk dijadikan pilihan mobil harian. Dengan harganya saat ini yang bahkan lebih murah dari motor 250 Cc, sehingga cocok untuk anak muda atau kita yang baru berkeluarga kecil. Namun sebelum lebih jauh membicarakan tentang detail spesfikasi, harga dan apa saja kelemahan Hyundai Atoz yang masuk di katergori city car ini, kami akan mengulas mengenai sejarahnya munculnya mobil ini terlebih dahulu agar agan-agan dapat paham seluk-beluknya.

Tampak Hyundai Atoz 1000cc

Tampak Hyundai Atoz 1000cc

Hyundai Atoz diluncurkan pada tahun 2000 hingga tahun 2007. Nah selama 7 tahun dipasarkan oleh PT. Hyundai Mobil Indonesia, lahir dua generasi Atoz. Yang generasi pertama menggunakan mesin 1000cc dan yang generasi ke dua yang muncul mulai tahun 2005 menggunakan mesin 1100cc.

Cara membedakannya cukup mudah kok, perhatikan saja lampu depannya. Jika bentuknya cenderung oval maka itu adalah genarasi pertama, sedangkan lampu utama Hyundai atoz generasi kedua(mesin 1100cc) bentuknya lebih mengotak dan lebih besar. Secara garis besar keduanya hanya memiliki perbedaan di mesin, bentuk grille dan lampu depan, kemudian beda di bumper depan-belakang . Selebihnya sama, bahkan dimensi panjang dan lebarnya juga sama persis.

Tampilan Atoz 1100 GLX Manual

Tampilan Atoz 1100 GLX Manual

Oh iya karena ada major change di sektor mesin dan body depan maka sudah barang tentu ada perbedaan harga bekas Atoz generasi  kedua dibandingkan generasi pertama.

Jika menilik masa pada saat diluncurkannya dahulu Hyundai Atoz masuk di dalam kategori city car 1000 cc, kemunculannya pada saat itu disiapkan untuk menghadapi kedigdayaan penjualan Suzuki Karimun Kotak yang saat itu melenggang di kategori ini hampir tanpa ada lawan.

Hyundai Atoz lahir membawa gebrakan yang tidak ada pada Karimun Kotak saat itu, sebut saja mesin modern dengan sistem injeksi kemudian desain body yang lebih modern sangat cocok untuk anak muda. Tidak ayal dari dulu hingga sekarang banyak yang tertarik dengan mesin dan desain bodynya, namun beberapa ada yang sedikit khawatir dengan brand Hyundai yang merupakan pabrikan Korea.

Lalu apakah karena merek Korea maka tidak setangguh merek pabrikan Jepang? Yuk kita bahas satu demi satu detail spesifikasi, harga hingga keunggulan dan kelemahan Hyundai Atoz.

Review Eksterior

Pada saat awal kemunculannya bentuk body Hyundai Atoz terlihat kompak dan modern, bahkan untuk saat ini bentuknya masih terlihat manis. Hadir dengan warna-warna cerah seperti biru, silver, merah, selain warna hitam yang elegan menjadikannya tampak begitu menarik.

Hyundai Atoz Tipe G Terendah

Hyundai Atoz Tipe G Terendah

Dengan dimensi panjang yang tidak sampai 3,5 meter dan lebar kurang dari 1,5 meter menjadikannya mobil harian yang lincah dan mudah dalam hal parkir. Kenapa? Pertama anda nggak perlu space besar di rumah untuk parkiran Hyundai Atoz, kedua karena body-nya yang imut akan sangat mudah memarkirkan mobil ini. Ditambah lagi dengan fitur hydraulic power steering yang menjadikan putaran setir Atoz terasa sangat ringan.

Pada awal kemunculannya di tahun 2000 silam Atoz masih menggunakan kaca lampu depan model buram, bemper depan dan belakang tanpa cat alias warna asli bahan plastik abs, velg kaleng dengan dop plastik. Tampilannya benar-benar sederhana saat itu, oh iya awal-awal diluncurkan dulu Hyundai Atoz masih didatangkan secara utuh dari Korea Selatan alias CBU, belum dirakit di Indonesia.

Kemudian mulai tahun 2002 sudah ada perbaikan, mulai deh menggunakan lampu depan dengan mika bening dan reflektornya model diamond, selain itu sudah ada beberapa varian yang menggunakan bemper depan-belakang yang dicat sewarna body.

Atoz GLS Two tone

Atoz GLS Two tone

Lalu sejak tahun 2004 untuk tipe tertinggi yaitu GLS menggunakan body two tone alias dua warna, bagian bemper depan-belakang dan bagian bawah pintu menggunakan warna yang seragam yaitu abu-abu. Kombinasi dua warna ini menjadikannya tampak lebih menarik, dibandingkan satu warna saja.

Review Interior

Dari sisi interior Hyundai Atoz ini bisa dikatakan cukupan, tidak ada yang isitimewa dan berlabih namun cukup untuk penggunaan harian  dalam membawa keluarga kecil. Walau terlihat kecil dari luar namun ukuran di dalam kabinnya tidak terasa sempit, untuk penumpang dengan tinggi badan 170 cm ruang kaki di kursi depan masih cukup lega.

Bentuk Dashboard Sederhana

Bentuk Dashboard Sederhana

Hal itu terjadi karena desain dashboard Hyundai Atoz ini termasuk minimalis. Ukuran dashboard-nya termasuk kecil dan bentuknya sederhana jadi tidak terlalu banyak menyita ruangan, tapi dampaknya bentuk dashbord jadi kurang menarik dan ukuran laci depannya tidak terlalu besar.

Sedangkan untuk jok belakang masih cukup nyaman untuk duduk orang dewasa, hanya saja ruang kakinya sedikit terbatas tapi tidak sampai nekuk parah. Untuk ruang kepalanya sendiri, wuih lega donk. Karena bentuk Hyundai Atoz sendiri cenderung mendatar pada bagian atap belakang sehinggan tidak menyita ruang kepala.

Jok Baris Kedua

Jok Baris Kedua

Warna interiornya sendiri didominasi warna abu-abu gelap dan beberapa bagian kecil menggunakan warna hitam, seperti pada bagian panel tengah dashboard, kisi AC dan sekitar tuas presneling.

Review Dimensi

Dimensi Hyundai Atoz memiliki panjang 3.495 mm, alias tiga setengah meter kurang sedikit. Sedangkan lebarnya adalah 1.495 mm alias satu setengah meter kurang. Yuk kita bandingkan dengan mobil LCGC yang sama-sama berkapasitas 5 penumpang seperti Toyota Agya yang memiliki dimensi panjang 3.660 mm dan lebarnya 1600 mm. Walaupun Agya lebih lapang dan memang lebih besar namun ternyata selisihnya ukuran body-nya dengan Atoz tidak terlalu jauh, hanya terpaut 16,5 Cm untuk panjangnya dan 10,5 Cm untuk lebar body-nya.

Panel Instrument Tanpa Tachometer RPM

Panel Instrument Tanpa Tachometer RPM

Review Keunggulan Mesin

Di sektor dapur pacu Hyundai Atoz  generasi pertama menggunkan mesin 1000 cc berkode G4HC dengan spesifikasi 4 silinder segaris, injeksi bahan bakar, 12 valve SOHC dengan penggerak timmming belet. Tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 61 Hp dan torsi maksimum sebesar 82 Nm.

Sedangkan untuk generasi kedua yang muncul sejak 2005 telah menggunkan mesin 1100 cc berkode G4HG, spek dan teknologinya kurang lebih sama dengan genarasi pendahulunya hanya saja kapasitas mesinnya lebih besar 100 cc yang berdampak pada tenaga yang dihasilkan meningkat menjadi 64 hp dan torsi sebesar 97 Nm.

Kedua mesin yang digunakan Hyundai tersebut termasuk dalam keluarga Epsilon Engine, yaitu mesin bensin untuk kategori kapasitas kecil yang digunakan untuk line up mobil keluaran group Hyundai-KIA. Maka tidak heran dapur pacu tersebut juga digunakan pada mobil Kia Visto dan Kia Picanto generasi pertama.

Review Fitur

Fitur yang terdapat dalam Hyundai Atoz ini sebenarnya cukup lengkap untuk mobil keluaran tahun 2000-an awal. Dengan mesin injeksi tentunya konsumsi bensin Atoz termasuk irit yaitu mencapai 14 hingga 17 kilometer per liter jika mesinnya sehat.

Untuk di Interior Atoz tipe tertinggi GLS sudah menggunakan power window namun sayangnya hanya pada kedua pintu depannya saja, AC dengan pengaturan arah hembusan angin, heater, defoger kaca belakang(untuk menghilangkan embun), wiper kaca belakang, central lock pada semua pintu, dan head rest + safety belt pada semua jok.

Perbedaan Spion Atoz GLX - GLS

Perbedaan Spion Atoz GLX – GLS

Sayangnya tidak semua type Hyundai Atoz memiliki fitur seperti yang baru saja disebutkan. Selanjutnya kita akan bahas lebih detailnya apa saja fitur yang terdapat pada masing-masing tipe.

Tipe Hyundai Atoz & Fiturnya

Hyundai Atoz di pasarkan dalam 3 tipe yaitu G, GLX dan GLS yang merupakan varian dengan fitur terlengkap. Berikut ini detail perbedaan dari masing-masing tipe dari yang murah hingga yang mahal:

  • Hyundai Atoz Tipe G Standard
    Belum dilengkapi foglamp, Velg kaleng, wiper belakang, spion model tegak pengaturan dari luar, tanpa Power Window.
  • Hyundaai Atoz Tipe GLX
    Sama seperti tipe G namun sudah ada penambahan foglamp, head rest kursi belakang, menggunkaan velg alloy.
  • Hyundai Atoz tipe GLS Tertinggi
    Sama seperti GLX dengan penambahan power Window, rak bagasi, Spion model datar/tidur dengan pangaturan manual dari dalam kabin, tuas pembuka pintu bagasi dari kursi pengemudi.

 

7 Keunggulan & Kelemahan Hyundai ATOZ

Namanya sebuah produk buatan manusia yang dirancang sedimikian rupa tentu selain memiliki keunggulan Hyundai Atoz juga memiliki  terlepas dari Kelemahan. Namun kelemahan yang dimilikinya lebih disebabkan karena faktor umur ketimbang faktor bawaan dari mobil itu sendiri.

Power Window Tambahan pada tipe GLX

Power Window Tambahan di Tipe GLX, Aslinya Tidak Ada.

Yah namanya juga mobil bekas yang di tahun 2019 ini sudah berumur hampir 20 tahun tentu saja memiliki sedikit kekurangan. Berikut ini ulasan lengkap dan detail mengenai keunggulan dan Kelemahan Hyundai Atoz yang pernah kami alami sendiri dan kami rangkum dari beberapa sumber pemilik Atoz:

Keunggulan

  • Body kokoh dan tebal
    Tidak seperti mobil saat ini yang bodynya tipis-tipis material plat body Hyundai Atoz cukup tebal. Cobalah menutup pintu Atoz, maka suaranya berbeda dari mobil Jepang kebanyakan, sauaranya antep seperti saat menutup pintu mobil eropa. Selain itu dibalik bemper depan-belaknag Atoz terdapat besi penguat bemper sehingga lebih tahan benturan.
  • Cocok untuk harian
    Ukuran bodnya yang kompak membuatnya mudah untuk digunakan untuk aktifiatas harian. AC-nya juga dingin, setir enteng karena telah menggunakan power steering, mesin irit pas sekali buat dipakai sehari-hari.
  • Mesin Bandel
    Mesin Epsiolon Hyundai G4HG 1100 cc dan G4HC 1000 cc yang digunakan sebagai sumber penggerak termasuk cukup bertenga. Tenaga yang dihasilkan mesin 1100 cc mencapai 62Hp pada putaran mesin5.500 RPM, sedangkan pada mesin 1000 cc dapat menghasilkan tenaga 55Hp pada putaran mesin 5.500RPM. Perawatannya juga tidak rumit, selama anda rutin melakukan perawatan berkala, menggunakan oli mesin yang sesuai dan menggunakan coolant untuk air radiator, jangan menggunakan air keran.
  • Menggunakan Cross Member pada rangka mobil
    Cross member ada rangka besi kotak yang terpasang pada bagian bawah chasis bagian depan mobil, yang berfungsi menambah rigiditas dan kekuatan pada rangka mobil. Ini adalah desain kosntruksi baru pada mobil di tahun 2000-an. Pada saat itu di Indonesia baru mobil jenis sedan mewah saja yang menggunkan, tapi Hundai Atoz sudah mengaplikasikannya.
  • Teknologi Injeksi
    Teknologi injeksi pada mesin Atoz menjadikannya irit bahan bakar, konsumsi BBM dalam kota bisa mencapai 14 kilometer per liter. Selain itu emisi gas buangnya juga lebih ramah lingkungan.
  • Spare part banyak tersedia
    Spare part hyundai Atoz banyak tersedia di toko-toko onderdil. Dari yang ori Hyundai, KW 1 seperti merek Mando, atau KW keluaran korea lainnya.
  • Jok Nyaman
    Walapun ukurannya kecil namun duduk di jok Hyundai Atoz tidak terasa sempit. Bahkan jika di isi 4 penumpang dewasa masih terasa nyaman.

Kelemahan

  • Shockbreaker relatif keras
    Walaupun mobil kecil tapi suspensi Hyundai Atoz relatif stabil, itu terjadi karena suspensinya relatif keras. Untuk melahap jalanan mulus dengan kecepatan tinggi sih nyaman-nyaman saja, namun akibatnya kalau lewat jalanan rusak jadi terasa kurang nyaman.
  • ISC sering bermasalah
    ISC berfungsi untuk mengatur putaran mesin dalam kondisi langsam. Nah komponen ISC milik Hyundai Atoz ini yang kerap kali beramasalah karena retak atau pecah sehingga kerjanya tidak maksimal. Tapi jangan khawatir part penggantinyanya banyak tersedia di pasaran.
  • Kebocoran minyak power steering
    karena sudah berumur beberapa seal dan selang power steering-nya kerap terjadi kebocoran. Kalau sudah bocor sebaiknya langsung di service, karena jika minyaknya sampai habis masih tetap di pakai jalan terus kerusakannya akan semakin parah.
  • Desain dasboard Kuno
    Desain dan ukuran dashboardnya yang minimalis membuat kabin terasa lapang. Namun bentuknya kurang menarik dan terasa ketingaalan zaman.
  • Warna Interior kurang menarik
    Warna interiornya juga terkesan lawas, akan lebih baik jika sarung jok dan door trim dibungkus warna hitam atau abu-abu gelap sehingga bisa terlihat modern dan elegan.
  • Power Window bermasalah
    Power window kadang bermasalah pada regulator-nya alias gir dan rel penggerak naik-turunnya kaca. Harganya regulator power window Hyundai Atoz tidak sampai 400ribu, tinggal ganti saja maka masalah akan beres. Selain itu penyebab kaca depan yang macet bisa juga dari karet di sekeliling kaca, kalau itu tinggal semprot menggunkan silicon spary saja maka akan licin kembali.
  • Mika Lampu depan burem
    Mika lampu depan yang bening kalau terlalu sering kena sinar matahari berjam-jam dalam jangka waktu lama biasanya akan buram. Solusinya tinggal dipoles spesilais lampu dengan biaya sekitar 250ribu, lampu akan dibuka antara sambungan mika dan reflektornya, kemudian dibersihkan dan dipoles sisi dalam dan luarnya. Atau kalau mau hemat cukup poles bagian luarnya, kemudian dilapisi sitker scotlite transparan.
Kapasitas Bagasi Hyundai Atoz

Kapasitas Bagasi Hyundai Atoz

 

Spesifikasi

Spesifikasi Hyundai Atoz 1.0 dan 1.1

Dimensi Body
Panjang (mm) 3.495
Lebar (mm) 1.495
Tinggi Atoz 1.0 (mm) 1.580 mm
Tinggi Atoz 1.1 (mm) 1.615 mm
Jarak Poros Roda (mm) 2.380
Mesin
Kode Mesin Epsiolon G4HC(1000 cc) & G4HG(1100 cc)
Isi Silinder (cc) 999cc & 1.086 cc
Jumlah Katup 12 valves
Jumlah Silinder 4 in line
Diameter X Langkah (mm) 66 mm × 73 mm & 67 mm × 77 mm
Daya Maksimum (Ps/rpm) 55 HP @5.500 RPM & 62 HP @5.500 RPM
Torsi Maksimum (Nm/rpm) 82 Nm @3.100 RPM & 97 Nm @3.000 RPM
Transmisi
Manual 5 Percepatan
Matic 4 Percepatan
Kapasitas
Penumpang (orang) 5 dewasa
Tangki Bensin (liter) 35

 

Daftar Harga Hyundai Atoz Bekas

Untuk harga mobil bekas tentu kembali lagi ke kondisinya, apabila terawat baik dan sedikit sekali kekurangannya tentu harganya bisa lebih mahal daripada harga pasaran. Selain itu daerah tempat mas bro tinggal juga memepengaruhi harga bekas sebuah mobil, namun untuk patokan harga berikut ini kami tampilkan daftar harga Hyundai atoz bekas dari tahun 2000 hingga 2007.

Daftar Harga Mobil Hyundai Atoz

Tipe Harga
Hyundai Atoz 1100 2007 Rp 60.000.000
Hyundai Atoz 1100 2006 Rp 55.600.000
Hyundai Atoz 1100 2005 Rp 50.000.000
Hyundai Atoz 1000 2004 Rp 45.600.000
Hyundai Atoz 1000 2001-2003 Rp 42.000.000

KESIMPULAN

Jika anda anak muda atau keluarga muda yang menentukan pilihan mobil bekas pada Hyundai Atoz menurut kami itu adalah pilihan yang tepat. Namun, anda perlu cermat untuk memilih mobil bekas yang kondisinya benar-benar terawat, padahal mobil yang benar-benar terawat harganya biasanya sedikit lebih tinggi daripada yang kondisinya ala kadarnya. Karena itu anda perlu teliti dan bersabar agar mendapat pilihan yang tepat saat membeli Hyundai Atoz bekas.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , , hyundai atoz, hyundai atoz interior, Perawatan nyuday atoz supaya awet, sistem injeksi mesin epsilon kia visto, spesifikasi hyundai atoz matic.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+