Kelebihan dan Kelemahan Kijang Kapsul Yang Paling Krusial

0
Kelemahan kijang Kapsul Krista

Kelemahan Kijang Kapsul yang penting diperhatikan

Sekarang disaat mobil-mobil minibus kelas Low MPV seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga mendominasi pasar mobil bekas namun Toyota Kijang Kapsul nggak pernah sepi peminat. Walaupun sudah berumur kurang lebih 20 tahun namun pamor mobil ini tidak pernah surut.

Bahkan kami pernah menemui seorang bapak yang menjual Toyota Avanza generasi pertamanya, untuk kemudian beli Kijang Kapsul. Hal ini menandakan ada suatu keunggulan yang tidak didapati dari mobil-mobil MPV kekinian, namun dimiliki oleh mobil ini. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan  Kijang Kapsul yang diproduksi dari tahun 1997 sampai 2004 ini?

Sejarah dan Tipe Kijang Kapsul

Toyota Kijang Kapsul lahir dalam pilihan sasis pendek dan sasis panjang, perbedaannya dapat dilihat dari penamaan tipe-nya dan dapat dibedakan jelas dari ukuran kaca belakangnya. Jika kaca belakangnya pendek berarti itu tipe sasis pendek, namun jika kaca belakannya lebar maka itu berarti tipe sasis panjang yang berdampak pada ruang dibaris ketiga yang lebih luas.

Dari penamaan tipe juga bisa bisa diketahui, jika huruf awal tipe-nya adalah S berarti sasis pendek dan jika huruf awalnya L berarti itu yang sasis panjang. Untuk tipe atau varian pada Kijang Kapsul Sasis pendek tersedia dalam pilihan: SX, SSX, SGX dan Rangga. Dan yang sasis panjang tersedia dalam tipe LX, LSX, LGX, dan Krista.

Toyota Kijang Kapsul terakhir 2003

Toyota Kijang Kapsul terakhir 2003

Berikut detail perbedaan tipe Kijang Kapsul:

  • Tipe SX
    Untuk tipe ini dengan tahun produksi sebelum tahun 2000 transmisinya hanya manual 4 percepatan. Belum ada power window, belum power steering, tanpa AC, tanp head unit, dan tidak ada takometer.
  • Tipe SSX dan LSX
    kelengkpaannya antara lain power steering, AC single blower(hanya depan), head unit, dan takometer. Namun belum dilengkapi dengan power window.
  • Tipe SGX dan LGX
    kelengkapannya seperti kelengkapan di atas namun dengan tambahan AC double blower dan power window pada keempat pintunya.
  • Tipe Kijang Rangga
    kelengkapannya tidak berbeda dengan SGX namun dengan tambahan over fender dan body kit di sekeliling bagian bawah body-nya dan menggunakan cat dua warna dan tambahan konde ban serep di pintu belakang sehingga terlihat lebih gagah seperti mobil Jip.
  • Tipe Krista
    Tidak banyak berbeda dengan LGX namun berhubung ini merupakan tipe termewah maka dilengkapi over fender dan body kit dengan warna silver dan warna interior cream sehingga tampak lebih mewah.
Interior Kabin Kijang Kapsul

Interior Kabin Kijang Kapsul

Pilihan Mesin

Untuk mesin Kijang Kapsul pada generasi awal tahun 1997 hingga 1999 mesin bensinnya masih menggunakan karburator seperti Kijang Grand Extra, berkapasitas 1800 cc dengan kode mesin 7K. Kemudian pada tahun 2000 mesinnya berubah menggunakan kode 7K-E yang sama-sama 1800 cc namun sudah menggunakan teknologi mesin injeksi. Di tahun itu pula Kijang kapsul tersedia dengan pilihan mesin Toyota 2000 cc berkode 1RZ-E yang lebih bertenaga, namun sayangnya kijang kapsul 2000 cc sepi peminat karena borosnya bukan main.

Selain mesin bensin Kijang Kapsul juga ada yang bermesin diesel berkapasitas 2400 cc. Mesin diesel yang digunakan memiliki kode 2L, mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 86 Hp pada 4200 rpm dan torsi sebesar 165 Nm pada putaran mesin 2500 Rpm. Karakter mesin diesel Kijang Kapsul ini tentu berbeda dengan mesin bensin, mesin ini sangat berbeda karakternya dengan mobil-mobil sekarang. Jika anda injak pedal gasnya secara spontan maka tidak terasa tarikannya, namun torsi yang didapat sudah terasa dari rpm rendah. Kalau anda membawa yang versi diesel cocoknya dibawa dengan gaya mengemudi yang santai.

Baca Juga: Suzuki Eritga Diesel

Facelift atau Perubahan

Selama masih di produksi mobil ini sempat mengalami 2 kali facelift atau perubahan minor, yaitu pada tahun 2000 dan 2003. Facelift pada tahun 2000 relatif banyak mencakup mulainya penggunaan mesin berteknologi injeksi, lampu depan menggunakan mika dengan reflektor kristal, grille depan berukuran lebih besar dengan garis vertikal, mika lampu sein berwarna putih dan fog lamp berada di bawah bemper depan(hanya pada tipe SGX, LGX dan Krista).

Foto Toyota Kijang LGX Bekas

Foto Toyota Kijang LGX Bekas

Sedangkan facelift atau perubahan yang dialami Kijang Kapsul pada tahun 2003 hanya mencakup Lampu utama yang bentuknya lebih meruncing ke bagian tengah bawah, model grille yang baru lagi, desain fog lamp yang lebih panjang ke arah samping luar dan penambahan hiasan garnish lampu belakang pada pintu bagasi yang lagi-lagi hanya ada pada tipe SGX,LGX dan Kijang Krista.

Fakta Kelebihan dan Kelemahan Kijang Kapsul

Kita sudah membahas sejarah, tipe, perubahan dan spesifikasi mobil yang sempat dijuluki mobil sejuta umat di Indonesia ini. Lalu apa sebenarnya apa saja kelebihan dan kelemahan Kijang Kapsul mengingat penggemarnya masih cukup banyak hingga kini? Berikut ulasannya:

Kelemahan:

  • Tarikan lambat
    Kalau anda membawa Kijang Kapsul jangan disamakan dengan karkater mobil-mobil injeksi saat ini yang bobot bodnya ringan dan tarikan mesinnya responsif. Kijang Kapsul tarikan beratnya untuk berakselerasi namun tenaganya sudah terasa sejak putaran mesin bawah, sehingga cocok untuk daerah dengan jalanan tanjakan terjal.
  • Kopling berat
    Kopling yang berat merupakan ciri khas Kijang, bahkan hingga generasi Toyota Innova terkini pun koplingnya masih terasa berat.
  • Boros Bensin
    Bensinnya relatif boros, konsumsinya sekitar 1:7-8 untuk kondisi dalam kota. Wajar mesinnya 1800 cc walaupun sudah berteknologi injeksi namun masih menggunakan teknologi injeksi awal-awal belum yang terkini. Apalagi Kijang Kapsul yang 2000 cc lebih boros lagi.
  • Desain Dashboard kuno
    Untuk desain dashboard sudah mulai terlihat kuno jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekarang. Namun pada generasi facelift yang terakhir untuk tipe LGX dan Krista warna dashboardnya sudah dual tone sehingga lebih bagus.

Kelebihan:

  • Suspensi Nyaman
    Bantingan suspensinya nyaman walaupun per belakang masih menggunakan per daun, Tidak salah dengan harga bekas yang setara Avanza generasi pertama beberapa orang masih lebih memilih Kijang Kapsul ketimbang Avanza bekas ya salah satunya karena kenyamanannya ini.
  • Desain Body Awet
    Walaupun sudah berumuru kurang lbeih 20 tahun desainnya masih terlihat menarik apalagi yang sudah facelift tahun 2003, masih terlihat manis dan tidak kalah elegan dibanding mpv-mpv modern seperti sekarang.
  • Kabin luas
    Ini dia salah satu keunggulan dari Kijang Kapsul kabinnya luas hingga baris ketiga. Ya memang ukuran bagasinya jadi tidak terlalu besar namun ruang kaki pada setiap baris cukup terasa lapang.
  • Material body dan chasis tebal
    Satu lagi kelebihan dari Kijang Kapsul lawas, body-nya bukan kaleng-kaleng! Tebel boss, apalagi masih menggunakan struktur leader frame atau chasis tangga sehingga konstruksi rangka mobil lebih rigid sehingga tetap nyaman saat membawa 8 orang penumpang di kabin.
Kijang Krista Kabin Luas Mewah

Kijang Krista Kabin Luas Mewah

Kesimpulan

Dari fakta-fakta Kelebihan dan Kelemahan Kijang kapsul tersebut maka dapat disimpulkan mobil ini tidak kalah dengan mobil-mobil minibus kekinian yang dilengkapi dengan berbagai teknologi modern. Bahkan ada keunggulan yang justru tidak ada lagi pada mobil modern saat ini, seperti  chasis ledaer frame dan kabin yang luas. Belum lagi sparepart Toyota Kijang yang mudah didapatkan dengan jaminan nama besar Toyota di Indonesia.

Maka tidak heran jika beberapa orang lebih memilih Toyota Kijang sebagai pilihan mobil bekas mereka ketimbang memilih mobil minibus dikelas Low MPV yang lebih modern namun dimensinya lebih kecil. Demikian ulasan kami mengenai fakta-faktar dari Kelebihan dan Kelemahan yang ada pada Kijang Kapsul semoga dapat membantu anda dalam memilih mobil bekas.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , , kelebihan dan kekurangan kijang krista, kelebihan dan kekurangan kijang lsx 2000, kijang krista, kijang innova vs kijang kapsul, kelemahan kijang kapsul.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+