Tahapan Proses dan Cara Ngitung Biaya Pajak Mobil 5 Tahunan

0

Jika mobil anda sudah waktunya bayar pajak tapi anda masih bingung berapa dana yang perlu disiapkan untuk biaya pajak mobil 5 tahunan tersebut maka berikut ini adalah rincian cara perhitungannya plus tahapan proses pembayarannya agar anda dapat bayar sendiri tanpa perlu melalui calo atau biro jasa.

Walaupun tidak seratus persen sama, karena setiap tipe mobil dan tiap daerah detail nominalnya bisa berbeda, namun anda dapat menjadikan acuan dari lembar bukti pembayaran pajak dari tahun sebelummya atau bisa juga dari cek plat nomor kendaraan online.
Hitung Pajak Mobil 5 Tahunan

Beda Pajak Mobil 5 tahunan dan 1 tahunan

Dari kedua hal tersebut tentu berbeda, perbedaan mendasar antara pajak mobil 5 tahunan dan yang tiap tahun adalah dari penerbitan lembar STNK baru dan plat nomor baru.

Sehingga pembayaran pajak kendaraan bermotor 5 tahunan hanya dapat dilakukan di Samsat tempat mobil atau motor tersebut terdaftar, padahal jika untuk periode tahunan anda dapat melakukan pembayaran secara online via bank atau Samsat Express yang kadang tersedia di beberapa pusat perbelanjaan besar.

Kenapa kok kali ini harus di Samsat? Jawabannya adalah karena untuk periode 5 tahunan ini disyaratkan untuk dilakukan cek fisik, alias gesek nomor rangka dan nomor mesin.

Tahap Proses Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Tahap prosesnya anda perlu menyiapkan fotokopi dan berkas-berkas kepemilikan kendaraan, yaitu KTP pemilik, STNK dan BPKB. Kalau BPKB-nya masih sekolah tentu butuh surat keterangan dari bank atau pihak leasing.

Setelah pendaftaran dan penyerahan berkas di loket pendaftaran, lalu yang pertama adalah tahap cek fisik mobil.

Berkas dari hasil cek fisik mobil akan diserahkan kembali untuk proses selanjutnya, yaitu penginputan data administrasi. Setelah itu anda akan dipanggil untuk melakukan pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran di loket bank rekanan yang tersedia di kantor Samsat, maka anda akan dipanggil untuk pengembalian berkas yang sudah anda serahkan diawal. Tentu dengan lembar STNK dan bukti pembayaran pajak yang baru.

Setelah itu anda dapat mengambil plat nomor di loket bagian pencetakan. Nah untuk pengambilan plat nomor ini beda-beda. Ada Samsat yang plat nomor barunya bisa langsung jadi hari itu juga, ada pula yang harus menunggu hitungan hari atau bahkan minggu baru bisa jadi.

Perhitungan Biaya Pajak Mobil 5 Tahunan

Nah untuk perhitungan biaya pajak mobil 5 tahunan sebenarnya tidak banyak berbeda dengan biaya pajak tahunan, hanya saja ada komponen biaya tambahan. Yaitu biaya cetak STNK dan plat nomor.

  • Biaya Cetak STNK mobil sebesar Rp 200.000 dan
  • Biaya cetak plat nomor (TNKB yang artinya Tanda Nomor Kendaraan¬† Bermotor) sebesar Rp 100.000.

Kalau dulu ada satu lagi komponen biayanya, yaitu pengesahan STNK sebesar Rp 50.000. Namun sejak awal tahun 2018 yang lalu biaya tersebut telah dihapuskan. Baca juga: Info penghapusan biaya pengesahan Stnk.

Nah itu jika anda tidak telat membayar pajak mobil 5 tahunan, namun jika anda telat komponen biayanya akan bertambah 2 lagi, yaitu denda pajak kendaraan bermotor dan denda SWDKLLJ(Jasa Raharja).

  • Untuk denda pajak nilainya sangat tergantung dari besar pajak dan lama nunggaknya.
  • Sedangkan denda Jasa raharja flat sebesar Rp 35.000.

Begitu ya rincian proses dan biaya bayar pajak mobil 5 tahunan semoga anda dapat tercerahkan dan tidak ragu lagi, sebaiknya pembayaran dilakukan tidak mepet-mepet dari tanggal jatuh tempo. Atau anda dapat bayar lebih awal, sesuai pertaturan bayar pajak kendaraan bermotor paling cepat dapat dilakukan dalam tempo 2 bulan sebelum tanggal jatuh tempo yang tertera di STNK.

Topik: Mobkas | Tagged , , biaya pajak 5 tahunan mobil, Biaya pajak m, biaya pajak mobil 5 tahunan 2019.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+