Fakta-fakta Daihatsu Classy Yang Penting Untuk Kamu Ketahui

0
Daihatsu Classy Sedan di Indonesia

Daihatsu Classy Sedan di Indonesia

Daihatsu Classy diluncurkan pada tahun 1990 oleh pabrikan Daihatsu, saat itu penjualan mobil dikategori sedan sedang ramai sehingga hampir semua pabrikan mempunyai mobil untuk kategori ini. Sehingga Daihatsu turut pula menghadirkan Classy yang merupakan versi sedan Charade.

Iya betul, Classy ini masuk dalam “keluarga besar” Charade yang identik tanpa buntut atau dikenal dengan istilah hatchback. Menggunakan platform generasi terakhir dari Charade yaitu body berkode G102 yang hatchback alias tanpa buntut diberi nama Charrade Winner, kemudian yang menggunakan buntut bagasi atau versi sedan diberi nama Daihatsu Charade Classy.

Ingat ya G102 itu kode generasi body, layaknya penamaan kode body Daihatsu Charade pendahulunya yang pakai kode G10, G20, G11 dan G100. Bukannya kode atau tipe mesin, kalau ada yang menyebut itu kode mesin berarti keliru.

Daihatsu Charade Classy bukan mobil sedan pertama yang diluncurkan oleh Daihatsu di pasaran Indonesia karena sebelum ada Classy, Daihatsu sudah pernah meluncurkan mobil sedan hasil kerja sama dengan Toyota yang diberi nama Daihatsu Charmant. Charmant dipasarkan pada era tahun 80-an sehingga lebih dahulu dari pada Classy.

Namun jika ditilik dari sejarahnya pabrikan ini memang cenderung selalu menghasilkan mobil di kategori hatchback seperti Charade Winner, Minibus dengan Daihatsu Zebra dan jip seperti Taft Diesel & Feroza Bensin.

Brosur Daihatsu Classy 1990 Awal

Brosur Daihatsu Classy 1990 Awal

Sejak pertama diperkenalkan di Indonesia Daihatsu Classy memawarisi keunggulan dari Charade hatcback yang banyak memikat segmen keluarga muda untuk memilikinya. Bentuk Classy yang terlihat lebih kecil dari mobil sedan lain pada masanya, membuatnya memliki peminat tersendiri.

Karena dimensinya yang kecil itu pula membuat Classy terkenal karena iritnya, selain itu kemudahan dalam urusan perawatan dan spare part membuatnya semakin diminati oleh mereka yang ingin memiliki mobil untuk pertama kalinya.

FACELIFT MODEL

Daihatsu Classy Pro 1994

Daihatsu Classy Pro 1994

Sejak dipasarkan untuk pertama kali pada tahun 1990 Daihatsu Classy sempat mendapatkan dua kali perubahan minor. Saat pertama menggunakan velg kaleng dengan dop plastik dan grille depan  berbentuk susunan garis lurus.

Lalu pada tahun 1994 muncul Daihatsu Classy Pro dengan perubahan pada grille depan yang berbentuk lubang-lubang besar seperti sarang tawon, velg-nya sudah alloy dengan bentuk bintang palang lima, dan sudah dilengkapi spoiler di atas bagasi.

Lalu pada tahun 1996 mengalami perubahan lagi yang kali ini diberi nama Daihatsu Classy Royal. Tidak ada perubahan bentuk di sisi ekterior jika dibandingkan dengan yang tahun 1994, hanya saja Classy Royal ini menggunakan dua warna pada body-nya.

REVIEW EKSTERIOR – INTERIOR

Interior Dashbaord Depan Sederhana

Interior Dashbaord Depan Sederhana

Desain body Daihatsu Classy sebenarnya tidak terlalu istimewa, wajar saja karena dia masuk di kategori sedan level entry point. Karena berbagi platform dengan saudaranya yang versi hatchback(Charade Winner) maka bagian buntut bagasinya pun tampak biasa saja. Atapnya terkesan tinggi lalu menurun bertemu dengan kap bagasi yang terkesan datar dan sempit.

Di segmen sedan entry level pada saat itu memang dimensi body-nya bisa dibilang lebih kecil dibanding kompetitor sekelasnya seperti Honda Grand Civic, Suzuki Esteem dan Corolla Twincam. Namun dapat dimaklumi, karena boleh dibilang harga Daihatsu Classy adalah yang paling terjangkau dibanding kompotitornya dan konsumsi BBM-nya pun juga termasuk yang teririt shingga boleh dibilang orang yang memilih Daihatsu Classy pada saat itu lebih karena pertimbangan ekonomis.

Warna interiornya didominasi warna Abu-abu gelap dengan kain pembungkus jok bahan fabric/beludru. Tidak ada yang istimewa dari interior Daihatsu Classy namun pada zaman-nya untuk sebuah sedan yang memiliki harga paling terjangkau dibanding kompetitor fitur-fitur yang dimilikinya termasuk cukup lengkap.

Dilengkapi Fitur Power Window

Dilengkapi Fitur Power Window

Jok belakang sempit

Jok belakang sempit

Fitur pada Daihatsu Classy sebut saja power window pada keempat pintunya, central lock, pengaturan kaca spion electric, AC dengan pengaturan arah hembusan, Power Steering, dan jok belakang yang dapat dilipat dengan perbandingan 50:50 untuk sisi kiri dan kanannya.

Untuk dimensi ruang kabin tidak berbeda dengan saudaranya yang versi hatchback, terasa sempit bagi orang dewasa terutama di kursi belakang. Namun keunggulannya dibandingkan Winner adalah karena ini versi sedan maka ruang bagasinya jauh lebih lega.

Ruang Bagasi Lega

Ruang Bagasi Lega

REVIEW MESIN – SUSPENSI

Mesin Classy berkode HC-C berkonfigurasi 4 silinder, SOHC menggunakan pengerak timming belt, 16 katup, dengan kapasitas mesin 1295 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 75 hp pada putaran mesin 6500 rpm dan torsi sebesar 102 Nm pada 3900 rpm.

Mesin ini masih menggunakan karburator buatan Aisan Kogyo, tipe-nya two barrel namun walaupun masih konvensional konsumsi bensinya tergolong hemat. Jika mesinnya sehat konsumsi BBM Classy bisa mencapai 13 km/liter untuk rute dalam kota dan 18 km/liter untuk rute luar kota.

Untuk Suspensi ini dia yang istimewa, rata-rata mobil kelas entry-level saat ini hanya menggunakan suspensi independent pada roda depannya saja. Namun Daihatsu Classy menggunakan suspensi independent pada ke-empat rodanya, sehingga kenyamanan dan stabilitasnya boleh diacungi jempol. Suspensi independent ini bahkan diwariskan pada generasi city car tahun 2000-an awal, yaitu pada Daihatsu Ceria.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Classy

Panel Instrument Speedometer Classy

Panel Instrument Speedometer Classy

Sudah kami ceritakan di awal walaupun desainnya biasa saja dan pada saat kondisi baru harganya paling murah jika dibandingkan dengan Suzuki Esteem GT, Honda Grand Civic, atau bahkan Toyota Corolla Twincam namun mobil ini memiliki fitur yang cukup lengkap dengan konsumsi bensin yang irit. Bukan hanya itu kami akan bahas secara objektif kelebihan dan kelemahan Daihatsu Classy ini secara mendetail.

Kelebihan :

  • Bentuknya Mungil
    Berbeda dengan mobil di kategori sedan lainnya, Walaupun Daihatsu Classy merupakan sebuah sedan namun bentuknya relatif kecil. Itulah yang membuatnya gampang membelah kemacetan sehari-hari dan mudah untuk parkir.
  • Harga miring.
    Dibanding kompetitornya seperti Honda Grand Civic dan Toyota Corolla Twincam harganya lebih terjangkau. Padahal dari sisi fitur dan tenaga mesin tidak kalah dari rival-rivalnya.
  • Irit Bensin
    Masalah konsumsi bensin ini dia yang menjadi keunggulan mutlak Daihatsu Classy dibanding kompetitornya di kelas sedan entry level. Dimensinya kecil sehingga bobotnya ringan, jadi mesin yang digunakan cukup 1300 Cc. Tidak heran Classy sangat irit BBM walaupun belum menggunakan mesin injeksi.
  • Sparepart Mudah didapat
    Untuk mendapatkan sparepart atau onderdil Daihatsu Classy tidaklah sulit, karena banyak sekali terdapat di pasaran. Misalkan yang part yang dicari tidak ada, maka anda tinggal melepasnya dan membawanya ke toko onderdil untuk dicarikan persamaan part-nya dengan Mobil Daihatsu lain. Karena beberapa part memiliki persamaan, misalkan part mesin Classy yang sama dengan Daihatsu Zebra Bodytech.
  • Perawatan mesin relatif mudah.
    Karena mesin Diahatsu Classy yang berkode HC-C masih menggunakan karburator dan belum menggunakan teknologi yang jelimet maka perawatannya cukup mudah dan bisa dikerjakan setiap bengkel umum.
  • Fitur cukup lengkap.
    Sudah kita bahas bahwa walaupun harganya paling terjangkau namun fitur-fitur yang ada di Classy ini sudah cukup lengkap, bahkan tidak kalah dengan mobil-mobil LCGC saat ini seperti Toyota Agya tipe E. Paling yang ketinggalan zaman hanya head unit-nya saja yang masih menggunakan radio-tape, kalau itu mudah saja cukup kita ganti dengan yang sudah bisa bluetooth dan usb.

Kekurangan:

  • Desain Kurang Menarik
    Secara bentuk body mobi ini terlihat tidak semenarik rivalnya, sebut saja Honda Grand Civic yang masih tampak manis walaupun sudah lawas. Desain Daihatsu Classy terlihat biasa saja, apalagi pada bagian bagasi yang terlihat kurang menarik. Wajar saja mungkin itulah dampak dari basis mobil hatchback yang dijadikan sebuah mobil sedan, sehingga terkesan terlalu memaksakan. Namun dengan penambahan spoiler di atas kap bagasi, dapat mengurangi kesan bagasi belakang yang kurang menarik.
  • Kabin Sempit
    Dimensi body luarnya yang kecil sehingga bobotnya ringan tentu sebuah menjadi sebuah kelebihan, namun dampaknya volume ruang kabin jadi tidak terlalu lega alias sempit. Terutama jika kabin belakang di isi orang dewasa, ruang kakinya sangat terbatas.
  • Kain Jok Rentan Kotor
    Kain pembungkus jok bawaan pabrik berwarna abu-abu cerah dengan bahan kain jok bludru. Sehingga menjadikannya rentan untuk menyerap kotoran, terlebih jika anda memiliki anak kecil. Sebaiknya dibungkus dengan sarung jok berbahan kulits sintetis agar tidak mudah kotor.

 

Masalah Daihatsu Classy

Daihatsu Classy ini merupakan keluarga Charade yang paling lama diproduksi dan dijual di Indonesia. Pertama kali diluncrukan pada tahun 1990 dan produksinya dihentikan setelah 8 tahun kemudian, yaitu pada krisis moneter tahun 1998 silam. Sangat disayangkan Daihatsu harus menyudahi penjualan sedan Charade yang dikenal dengan fitur lengkap namun harga yang terjangkau ini.

Di tahun 2019 ini umur Daihatsu Classy yang tertua berarti hampir mencapai 30 tahun dan yang termuda berumur 21 tahun, di umur yang tidak lagi mudah tersebut tentu sudah banyak perbaikan-perbaikan yang perlu di lakukan. Apa saja kira-kira sparepart yang sekiranya sudah perlu diganti, berikut ini kami ulas bagian elektronik, mesin dan roda-rodanya.

Fitur elektronik

Kaca Belakang Pakai Defoger Penghilang Embun

Kaca Belakang Pakai Defoger Penghilang Embun

Untuk bagian yang berhubungan dengan fitur elektronik biasanya masalah ditemukan pada bagian power window, electric mirror(spion) dan central lock. Biasanya salah satu satu power window di pintu ada yang tidak berfungsi, sebabnya bisa dari kabel yang putus, motor power window-nya, atau saklarnya yang rusak.

Untuk central lock biasanya disebabkan oleh motornya yang sudah lemah, untuk mengatasinya mekanik biasanya menggantinya dengan motor central lock universal yang banyak dijual. Harga part-nya murah kok tidak sampai Rp 50.000.

Mesin

Untuk bagian ini perhatikan sistem pending mesin dan part yang terbuat dari karet. Banyak orang berpendapat bahwa mesin Daihatsu gampang panas/overheat, padahal kalau semuanya sehat pendapat itu tidak benar. Untuk itu perhatikan water pump, selang, dan radiator apakah ada kebocoran. Selain itu biasanya pemilik lama hanya menggunakan air keran untuk mengisi radiator sehingga resiko karat di bagian pipa dan dalam radiator juga besar, sebaiknya gunakan radiator coolant.

Bagian yang terbuat dari karet seperti engine mounting juga sudah saatnya ganti, ciri utamanya dalah suara berisiki yang muncul saat mesin langsam. Selang-selang karet yang ke karburator juga sudah rawan getas begitu lupa belt karet, seperti fan belt dan timming belt.

Roda atau Kaki-Kaki

Banyak yang mengatakan kaki-kaki atau suspensi roda bagian depan Daihatsu Classy lemah dan ringkih, apakah betul seperti itu? Struktur suspensi depan mobil ini menggunakan Suspensi Macpherson seperti yang digunakan pada mobil saat ini. Bahkan suspensi ini sama persis seperti yang digunakan pada Suzuki Karimun Estilo, sama-sama hanya menggunakan satu swing arm atau sayap dibagian bawahnya.

Kalau dikatakan ringkih sebenarnya tergantung cara pemilik menggunakannya. Kalau di samakan dengan suspensi minibus seperti Toyota Kijang yang menggunakan suspensi doubel wishbone tentu tidak sekuat itu, namanya juga mobil kecil. Namun kalau anda memakainya tidak asal hajar lubang di jalanan jelek maka kaki-kaki depannya pun akan awet. Ciri-ciri kaki depan yang sudah mulai rusak adalah muncul bunyi-bunyian saat melewati jalan tidak rata. Baca Juga: Sebab Roda Depan Mobil Bunyi Berisik.

Selain itu perhatikan juga bagian Power Steering. Apakah ada rembesan di sekitar pompa power steering, rack steer dan  selang karetnya? Wajar bila ada tetesan karena part yang terbuat dari karet sudah termakan usia, tinggal diganti saja sparepart-nya seperti selang, seal atau packing pompanya.

Tampak Samping Classy

Tampak Samping Classy

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai daihatsu Classy dari sisi sejarah munculnya, spesifikasi dan fitur, kemudian juga plus-minus dari mobil sedan porduk dari pabrikan Daihatsu ini. Dengan penjabaran ini kami harap anda dapat mengenal lebih detail mengenai mobil bekas Classy ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

Topik: lain-lain | Tagged , , , Brosur Daihatsu classy, brosur classy, cara membuka bagasi daihatsu classy, Foto charade classy.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+