Kupas Tuntas Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Lancer SL Lawas

0
Body Lancer SL 1984 kotak

Body Lancer SL 1984 kotak – Via:topgear.com.ph

Mitsubishi Lancer SL dipasarkan di Indonesia mulai sejak tahun 1981 hingga tahun 1985 masih memiliki peminat tersendiri khususnya dari kalangan pencinta retro. Desainnya mengotak khas mobil tahun 80-an namun terlihat lebih modern jika dibandingkan dengan mobil sedan yang seumuran . Walaupun sesungguhnya dia merupakan Lancer generasi kedua secara global, namun SL ini merupakan generasi Lancer pertama yang dijual secara resmi di tanah air.

Pada tahun 1980-an penjualan mobil sedan dikuasai oleh Toyota Corolla DX yang penjualannya sangat moncer. Mobil ini akrab di temui di jalanan hingga event balap rally yang pada saat itu lagi ramai-ramainya. Melihat kesuksesan penjualan sedan Toyota pada saat itu nampaknya beberapa pabrikan lain termasuk Mitsubishi jadi ingin merasakan manisnya pasar sedan, hingga akhirnya pada tahun 1981 di luncurkan Mitsubishi Lancer SL yang body-nya lebih mengotak sehingga terlihat manis, apalagi kalau dipasang velg racing motif jari-jari.

Review Mesin

Di tempat kelahirannya, Jepang, Mobil ini dikenal dengan nama Lancer EX dan memiliki beberapa varian, termasuk yang sudah menggunakan mesin Turbo. Namun di Indonsia hanya dijual dalam satu tipe yaitu 1400SL, sehingga diberilah nama Lancer SL. Untuk dapur pacu yang digunakan yaitu mesin Saturn berkode 4G33 berkonfigurasi 4 silinder segaris, kapasitas 1400 cc dan masih menggunakan karburator.

Mesin yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 84 Hp dan torsi sebesar 117 Nm ini terkenal kuat dan tidak rewel. Tidak heran mesin ini juga digunakan pada pickup Mitsubishi L300 versi bensin. Jadi ketika sudah menginjak usia 30 tahun lebih dan butuh penggantian part mesin maka tidak akan mengalami kesulitan karena spare-part yang digunakan sama dengan mesin pickup legendaris itu.

Mesin Mitsubishi 4G33 1400cc Karburator

Mesin Mitsubishi 4G33 1400cc Karburator – Via:Modcom-xxdeetoxx

Beberapa perbedaan komponen mesin Lancer SL berdasarkan tahun produksinya karena dilakukan penyempurnaan, yaitu:

  • Exhaust Lancer SL tahun 1981-1982 berkonfigurasi 4-1, sedangkan yang tahun 1983-1984 berkonfigurasi 4-2-1 sehingga tenaga mesin pada putaran bawah lebih terasa.
  • Timing belt Lancer SL tahun 1981-1982 gerigi-nya masih bentuk kotak, sedangkan yang tahun 1983-1984 gerigi-nya sudah bentuk bulat sehingga suara yang dihasilkan lebih halus.
  • Gear Distributor Lancer SL tahun 1981-19882 bisa dipisah dari cam-shaft, sedangkan yang tahun 1983-1984 telah dibuat menyatu.

Serupa dengan Corolla DX, mobil Lancer SL ini juga menggunakan pengerak roda belakang. Sehingga dia merupakan satu-satunya tipe Lancer yang menggunakan penggerak roda belakang di Indonesia. Tapi suspensi belakang Lancer SL ini lebih unggul dibandingkan Corolla DX karena sudah menggunakan per keong, sedangkan DX masih menggunakan per daun.

Review Eksterior

SL tahun 81 Full Ori

SL tahun 81 Full Ori

Bentuk body Mitsubishi Lancer SL sebenarnya termasuk modern untuk mobil keluaran awal tahun 80-an. Lampu depan dan belakangnya terlihat manis terpasang di body mobil yan tidak terlalu lebar. Yang membuatnya terkesan retro sebenarnya karena dari pabriknya Lancer SL ini menggunakan spion tanduk di bagian depan dan velg kaleng ring 13 dengan pcd 4 x 114.

Untuk Body sendiri selama dipasarkan dari tahun 1981 hingga 1984 sebenarnya tidak banyak ubahan yang dilakukan Mitsubishi pada sedan Lancer SL ini. Beberapa perubahan minornya antara lain:

  • Lis Body
    Tahun 1981-1982 menggunakan lis body putih, yang tahun 1983-1984 berwarna merah.
  • Lis Kaca dan Handel Pintu
    Tahun 1981-1982 menggunakan chrome, yang tahun 1983-1984 berwarna hitam.
  • Grill Depan
    Tahun 1981-1982 desainya hanya garis polos, yang tahun 1983 terdapat 2 lampu senja di grill depan, dan yang tahun 1984 ada garis tebal horizontal di tengah grill.
  • Mika Lampu Sein Depan
    Tahun 1981-1982 berwarna putih(untuk lampu senja) dan kuning, yang tahun 1983-1984 hanya berwarna kuning saja.
  • Mika Lampu Belakang
    Tahun 1981-1982 desainnya polos, yang tahun 1983-1984 terdapat list pemisah antar bagian lampu.

Review Interior

Yang kami sukai dari interior Mitsubishi Laner SL adalah bentuknya yang tidak ketinggalan zaman. Walaupun ini merupakan mobil tahun 80-an tapi desain dashboardnya itu tidak terlalu ketinggalan zaman, bahkan bentuk setirnya yang hanya menggunakan dua palang di bagian bawah justru terlihat futuristik. Instrument cluster-nya lengkap dari petunjuk speedometer, tachometer, indicator suhu mesin, indicator bensin dan terdapat jam analog pula.

Walaupun dia masuk kategori sedan kompak namun jok dan ukuran interiornya tidak sempit sehingga cukup nyaman untuk perjalanan jauh. Saat pertama diluncurkan interiornya berwarana abu-abu, kemudian pada tahun 1982 berubah menjadi warna cokelat.

Interior dashboard Lancer SL

Interior dashboard Lancer SL

Cukup terjadi banyak perubahan pada bagian interior Lancer SL saat dilakukan penyegaran di masa penjualannya dulu. Penyegaran dilakukan di sekitar tahun 1983, sehingga tahun tersebut banyak perbedaan detail jika dibandingkan dengan SL periode sebelumnya.

Perbedaan di interior Lancer SL seperti: Jika awalnya terdapat jam analog di samping speedometer maka pada versi terakhir  jam berganti menjadi digital yang diletakkan di tengah dashboard, kemudian terdapat penambahan console box tengah di sekitar tuas rem tangan dan perubahan bentuk setir dari yang tadinya 2 palang menjadi setir 4 palang.

Kelebihan & Kelemahan Lancer SL

Lancer SL merupakan sedan entry-level untuk merek Mitsubishi, diatasnya ada Galant Sigma yang memiliki mesin lebih besar dan fitur lebih lengkap. Walaupun begitu bukan berarti mobil ini tidak memilik keunggulan, misalnya saja mobil ini telah dilengkapi pengaturan sudut posisi setir(tilt steering). Untuk lebih lengkapnya berikut ini  daftar kelebihan dan kelemahan Lancer SL lawas.

Kelebihan Mitsubishi Lancer SL:

  • Mesin TIDAK rewelan.
  • Desain body-nya menarik.
  • Sparepart mudah didapat.
  • Pengaturan tilt steering.
  • Suspensi per keong di ke-4 rodanya.
  • Instrument indikator lengkap(Terutama versi setelah 1982).
  • Harga sparepart terjangkau.

Kelemahan Mitsubishi Lancer SL:

  • Body rentan karatan.
  • Belum dilengkapi power steering.
  • Rem terasa tidak terlalu pakem.
  • Akselerasi di gigi 1 dan 2 lemot.
  • Part untuk body jarang.
  • Suspensi agak keras.
  • Ball­joint dan kolom setir rentan aus.
  • Dasbor dan door trim biasanya ada yang ngelupas
  • Bagian karet-karet pintu sudah kempes.

Kesimpulan

Informasi tentang spek kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Lancer SL di atas hendaknya dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang tertarik untuk membelinya. Selain itu jangan lupa siapkan dana cadangan untuk perbaikan kedepannya.

Tampak Samping Lancer Generasi Kedua

Tampak Samping Lancer Generasi Kedua – Via:Modcom-The Legacy

Karena tentu yang namanya mobil yang sudah berumur pasti sudah banyak butuh “jajan”. Contoh yang paling ringan missal hanya tune up atau setel karburator anda perlu merogoh kocek Rp150-250ribu, kemudian pada bagian kaki-kaki untuk pengantian balljoit sekitar Rp 150ribu/sisi, kemudian jika perlu menambal karat di body sekalian cat full satu body Lancer SL bisa habis dana Rp 4-5juta.

Topik: lain-lain | Tagged , , , mitsubishi saturn 4g33 L300, Kelebihan Lancer sl, spesifikasi bagian karbu mitsubishi lancer sl, interior lancer sl, kekemahan Lancer 80an.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+