Pahami Betul 5 Kelemahan Suzuki APV Luxury Yang Penting

0
Suzuki APV Luxury bemper depan fiberglass

Suzuki APV Luxury bemper depan fiberglass

Sebagai mobil minibus yang menggunakan mesin Carry Futura dipaksa menjadi sebuah mobil mewah sesuai namanya, justru menjadikan Suzuki APV Luxury memiliki beberapa kelemahan yang krusial. Terlebih jika anda sudah berasumsi bahwa ini adalah sebuah mobil minbus mewah dengan kenyamanan seperti halnya Nissan Serena.

APV Luxury lahir dengan basis dari Suzuki APV Arena yang menggunkan mesin 4 silinder berkapasitas 1500 cc. Walaupun dia memiliki bonet depan dengan kap mesin kecil namun mesinnya terletak di kolong mobil alias dibawah jok depan. Posisi mesin ini membuat penumpang yang duduk di kursi depan jadi dapat merasakan sedikit panasnya mesin jika menempuh perjalanan yang jauh.

Suzuki APV Luxury memiliki tampilan layaknya mobil mewah sehingga jika anda membawanya ke Mall atau Hotel jangan heran jika petugas parkir memberlakukan anda layaknya pengguna Alphard, karena bagi orang awam kedua mobil ini seperti sekelas.

Padahal kenyataannya sangat berbeda kelasnya. Jadi kalau anda ingin terlihat mewah dan elegan, maka tidak salah memilih APV Luxury yang hanya keluar dalam pilihan warna hitam atau putih ini sebagai mobil harian anda.

Namun untuk masalah kenyaman sebaiknya jangan terlalu menyamakan dengan Alphard atau  Nissan Serena, terutama pada bagian suspensi. Memang mobil ini telah menggunakan per keong atau spiral pada keempat rodanya, namun rancangan awal Suzuki APV adalah sebagai mobil multiguna yang dapat membawa banyak penumpang dan barang.

Sehingga APV tipe Luxury ini suspensinya pun masih sama dengan tipe dibawahnya, terlebih dengan ukuran velg yang besar sehingga profil ketebalan dinding ban jadi lebih tipis sehingga mau tidak mau kenyamanan jadi berkurang walaupun tampilannya memang jadi lebih mewah. Menurut anda apakah ini sebuah keunggulan atau kelemahan Suzuki APV Luxury?

Velg 17 Inch APV Luxury

Velg 17 Inch APV Luxury

Ya memang Suzuki APV Luxury ini  ditawarkan pihak Suzuki dalam pilihan ukuran velg standard 15 inch atau velg 17 inch. Velg berdiameter 17 inch tentu lebih terlihat mewah dan cocok dengan body APV yang besar, apalagi desain bempernya sudah bertambah besar juga jadi sangat sesuai. Namun kekurangannya adalah tarikan mobil jadi lebih berat, konsumsi bbm jadi sedikit lebih boros dan jadi kurang nyaman karena profil bannya jadi lebih tipis.

Lalu apa saja Kekurangan lainnya dari mobil ini? Akan kami jabarkan satu-persatu sesuai fakta dari pengalaman pengguna yang pernah memilikinya.

Daftar Kelemahan Suzuki APV Luxury di Indonesia:

  • Ban Cepat botak sebelah
    Sudah menjadi kebiasan ban pada Suzuki APV cepat botak sebelah terutama pada roda depan. Sehingga pemiliknya perlu rutin untuk spooring balancing dan rotasi posisi roda depan-belakang.
  • Akselerasi berat
    Mesin 1500 CC yang digunakan sebenarnya memiliki tenaga sebesar 92,4 ps dan torsi sebesar 126 Nm yang cukupan. Namun dengan penggunaan velg 17 inch dan body kit tambahan pada APV luxury ini membuat akselerasinya jadi lebih berat.
  • Desain bemper depan yang dipaksakan
    Desain bemper depan-belakang, grill dan side skirt merupakan pengembangan desain dari Suzuki Indonesia agar Luxury ini dapat tampil sesuai namanya yang menjunjung kemewahan. Namun bemper yang dibuat dari bahan fiberglass ini terlihat terlalu dipaksakan supaya mobil dapat tampil mewah dengan ukurannya yang terlalu besar.
  • Suspensi kurang nyaman
    Suspensi per keong pada mobil ini bisa dikatakan tidak terlalu keras, cocok untuk membawa  mautan penuh hingga 8 orang dewasa. Namun pada saat di isi 1 atau 2 orang saja maka bantingan suspensi terasa keras, apalagi dengan penggunaan velg 17 inch-nya.
  • Posisi mengemudi terlalu tinggi
    Seperti sudah kami katakan di depan bahwa secara tampilan APV Luxury ini memang terlihat mewah, namun basisnya sebagai kendaraan multiguna tidak bisa dipungkiri. Tampilannya mewah namun posisi mengemudinya tinggi seperti mengemudikan mobil niaga, belum lagi jok depannya terasa hangat kalau sudah dibawa jalan lama karena posisi mesin tepat berada di bawahnya.
Bemper Belakang Suzuki APV

Bemper Belakang Suzuki APV

Namun dibalik kelemahan itu semua jika anda membutuhkan mobil yang terlihat mewah dan dapat diandalkan dalam memanjakan penumpang di belakang maka mobil ini adalah jawabannya. Mesinnya juara, sudah terbukti dari generasi Suzuki Futura injeksi karena mesinnya yang digunakan serupa. Body tebal dan kuat.

Sparepart-nya murah dan mudah ditemui dimana saja, kecuali jika anda mencari bodykit atau bempernya maka akan susah didapatkan. Namun anda dapat inden dulu di bengkel resmi Suzuki untuk mendapatkan bemper APV Luxury yang sangat jarang ini.

Sejarah Facelift

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2009 Suzuki APV sudah pernah sekali mengalami ubahan minor atau yang biasa disebut dengan facelift. Perubahan minor itu terjadi pada tahun 2014 silam yang diluncurkan pada acara IIMS, sesuai namanya ubahan minor maka tidak banyak yang berubah.

Perubahan ada bada sedikit perubahan desain bemper, grille depan, bentuk palang velg 17 inch yang digunakan, penambahan air bag dan kamera parkir belakang dengan layar kecil yang terletak pada spion tengah(sebelumnya hanya menggunakan sensor parkir suara). Selebihnya sih tidak ada sehingga spesifikasi teknsi dari Suzuki APV luxury tidak banyak berubah.

Jok tengah APV Luxury

Jok tengah APV Luxury

Spesifikasi Suzuki APV Luxury

Dimensi Body
P x L x T (mm) – 4.300 x 1.690 x 1.855
Radius Putar (meter) 5,4
Berat Kosong 1250-1320
Radius Putar Min (mm) 4.375
Kapasitas Tempat Duduk 7 Orang
Ukuran ban 195/65 R15 – 215/50 R17
Mesin
Kode Mesin G15A
Isi Silinder (cc) 1.493
Jumlah Katup 16 valves
Jumlah Silinder 4 in line
Diameter X Langkah (mm) 75,0 x 84,5
Daya Maksimum (Ps/rpm) 92,4/6000
Torsi Maksimum (Nm/rpm) 126/3000
Transmisi
Manual 5 Percepatan Manual
Otomatis 4 Percepatan
Suspensi
Depan Mac Pherson Sturt
Belakang 3-link Rigid Axle
Rem Depan Cakram berventilasi
Rem Belakang Tromol
Fitur Keselamatan
Sabuk pengaman Semua tempat duduk
Side Impact Beam 4 pintu samping

Demikian ulasan singkat kami mengenai kelebihdan dan kekurangan Suzuki APV Luxury ini, silahkan dipertimbangkan apakah karakter plus minus dari mobil ini sesuai dengan kebutuhan anda. Karena perlu dipahami bahwa tidak ada mobil yang benar-benar sempurna untuk setiap masing-masing orang, yang ada adalah mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan kita sebagai penggunanya.

Topik: lain-lain | Tagged , , , , body apv tipis, Review harian suzuki apv, suspensi apv arena per keong, suspensi apv keras 2019.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+