Suzuki Karimun vs Hyundai Atoz, Mana Yang Lebih Baik?

0
Pilih Hyundai Atoz Atau Suzuki Karimun

Pilih Hyundai Atoz Atau Suzuki Karimun

Sempat lama mengidolakan Hyundai Atoz versi 1.1 mobil ini bagaikan mantan gebetan bagi saya. Tak kunjung kesampaian memilikinya hingga akhirnya hasrat itu berpaling ke Suzuki Karimun. Setelah lama menggunakan Karimun dan merasa puas, tiba-tiba “mantan gebetan” itu hadir kembali menggoda saya dengan harga miring dan kondisi orisinil. Lalu manakah yang lebih baik antara Suzuki Karimun atau Hyundai Atoz? 😀

Jika kita menilik sejarahnya Hyundai Atoz dulu, generasi pertama dengan mesin 1000 cc lahir setahun setelah Suzuki Karimun kotak diluncurkan, tepatnya pada tahun 2000. Jika Karimun kotak lahir dengan mengandalkan desain dan teknologi mesin yang lawas, maka city car negeri gingseng ini hadir dengan desain dan teknologi kekinian. Body lebih membulat dan modern, mesin sudah menggunakan teknologi suplai bahan bakar injeksi.

Namun pada kesempatan sini kita akan membandingkan Hyundai Atoz 1.1 dengan Suzuki Karimun Estilo, karena keduanya memiliki teknologi mesin yang setara walaupun periode tahun produksi keduanya berbeda. City car Atoz diproduksi tahun 2006-2008, sedangkan Karimun Estilo diproduksi tahun 2007-2012.

Sedikit menengok lagi ke belakang Hyundai Atoz dipasarkan dalam dua generasi, generasi pertama menggunakan mesin 1000 cc sedangkan yang generasi kedua dengan emblem 1.1 bermesin 1100 cc.

Berkebalikan dengan Suzuki Karimun Estilo yang generasi pertama bermesin 1100 cc, sedangkan yang generasi kedua kapasitas mesinnya justru turun, malah jadi 1000cc namun dengan output tenaga mesin yang lebih besar.

Review Body

Untuk masalah bagus tidaknya desain body adalah kembali ke selera masing-masing orang. Namun menurut kami Hyundai Atoz lebih terlihat elegan sedangkan Suzuki Karimun Estilo lebih terlihat sporty. Yang membuat hati ini dulu pernah klepek-klepek dengan Atoz 1.1 adalah bentuk lampu depannya yang membesar sehingga terlihat elegan ditambah dengan aksen hitam dof pada bemper depan dan belakang membuatnya terlihat lebih menarik karena tidak terlalu polos.

Sedangkan pada Karimun Estilo body-nya terkesan polos jika dalam kondisi standard. Side body moulding, fog lamp, mud flap(kepet roda), spoiler belakang yang menempel pada mobil adalah aksesoris tambahan orisinal Suzuki yang harus ditebus dengan biaya ekstra karena kondisi standardnya tidak ada. Namun bentuk depannya yang melandai dan body belakangnya yang lebih bulat menjadikan mobil ini terlihat lebih sporty.

Bentuk Body Depan Hyundai Atoz 1100

Bentuk Body Depan Hyundai Atoz 1100

Review Interior

Pada bagian interior Atoz di dominasi warna seperti abu-abu gelap dengan bentuk dashboard yang terlihat kuno untuk saat ini. Pengguna city car Korea ini bahkan perlu memodifikasi panel tengah dashboardnya untuk memasang head unit double din dengan layar, karena slot tempat head unit standardnya hanya memungkinkan untuk dipasang head unit single din tipis.

Sedangkan pada Suzuki Karimun Estilo interiornya menggunakan warna dual tone yang lebih cerah, walau tidak terlalu modern tapi bentuknya tidak terlalu terlihat lawas. Slot untuk head unit berada di tengah atas, sehingga jika ingin menggantinya dengan double din berlayar sangat memungkinkan.

Untuk kenyamanan tempat duduk menurut kami sama saja pada bagian tempat duduk depan, namun pada bagian belakang cukup terasa perbedaannya. Jok belakang Hyundai Atoz entah itu yang generasi satu atau dua sama saja, keduanya lebih nyaman dibanding jok belakang Karimun Estilo. Sebagai orang dewasa yang berpostur normal lebih nyaman untuk duduk di jok belakang mobil city car Korea ini, sebabnya adalah karena sandaran punggung jok belakang yang lebih rebah sedikit, tempat duduk juga lebih rendah dan bentuk sandaran kepalanya lebih luas permukaannya.

Namun kenyamanan itu ada konsekuensinya, saat jok belakang dilipat, struktur lipatan jok belakang Hyundai Atoz lebih merepotkan dan menyita tempat. Sedangkan di Karimun Estilo jok belakang dapat dilipat rata lantai hanya dengan sekali gerakan tanpa dipusingkan dengan jok bagian bawah yang harus ditegakkan ke arah depan terlebih dahulu.

Interior Dashboard Terlihat Lawas

Interior Dashboard Terlihat Lawas

Review Suspensi

Untuk struktur suspensi antara keduanya sebenarnya sama saja, MacPherson strut dibagian depan dan torsion-beam dibagian belakang, namun yang membedakan adalah suspensi Hyundai Atoz lebih stabil di kecepatan tinggi dan saat bus besar menyalip maka body mobil tidak terlalu goyang, hal itu disebabkan oleh suspensinya yang lebih keras.

Sedangkan Suzuki Karimun Estilo suspensinya lebih empuk terutama pada bagian belakang, sehingga sedikit terasa limbung pada kecepatan tinggi. Namun akan lebih nyaman untuk penggunaan harian di jalanan biasa apalagi jalan yang rusak. Tinggal ada menentukan ingin suspensi mobil yang keras stabil atau empuk tapi nyaaman.

Mesin Hyundai G4HG vs Suzuki K10B

Nah untuk urusan mesin antara Hyundai Atoz generasi kedua dan Suzuki Karimun Estilo generasi kedua ini cukup banyak perbedaan. Jika mesin Epsilon G4HG milik Atoz 1100 ini “bicara kasarnya” hanya bore up dari yang generasi pertama, huruf kode mesin awalannya sama, hanya saja kapasitas mesinnya lebih besar. Sedangkan mesin Karimun Estilo generasi kedua yang berkode K10B berbeda jauh dengan yang generasi pertama, karena benar-benar pengembangan dari awal.

Di atas kertas tenaga yang dihasilkan mesin Karimun Estilo lebih besar daripada tenaga mesin Hyundai Atoz, yaitu 68 Hp versus 62 Hp. Alias lebih besar 6 Hp padahal kapasitas mesinnya lebih kecil. Salah satu penyebabnya adalah teknologi pengapiannya yang berbeda, Atoz masih menggunakan dua koil yang dibagi untuk 4 busi, sedangkan Karimun Estilo generasi kedua sudah menggunakan 3 koil untuk masing-masing busi.

Secara pengalaman akselerasi Hundai Atoz cukup terasa di putaran mesin bawah, sedangkan Karimun Estilo tarikannya baru terasa di putaran mesin menengah keatas. Untuk konsumsi bahan bakar dari pengalaman kami menempuh perjalanan Jakarta-Jogja lebih hemat Karimun Estilo dibanding Hyundai Atoz.

Perbedaan Hyundai Atoz vs Karimun Estilo

Perbedaan Hyundai Atoz vs Karimun Estilo

Kesimpulan Pilih Hyundai Atoz atau Suzuki Karimun

Hyundai Atoz ibaratkan seorang mantan gebetan yang menggoda pria yang sudah beristri(Suzuki Karimun Estilo), jadi mau balik ke mantan atau tetap bersama istri? 😀 Tampilan body Atoz 1.1 yang cenderung elegant sungguh masih menggoda bagi saya pribadi, dan menurut saya itulah daya pikat utamanya. Begitu pula torsi mesin diputaran bawah yang lebih terasa dibanding Suzuki Karimun, begitu pula jok belakangnya yang lebih nyaman.

Namun apakah 3 hal itu dapat menggoyang komitmen saya dengan Suzuki Karimun yang telah terjalin selama ini? Apakah mesin yang lebih irit, lebih bertenaga, lebih minim perawatan, interior yang lebih modern, kepraktisan melipat jok belakang dapat dikalahkan oleh 3 hal tersebut? Menurut pengalaman saya pribadi rasanya tidak akan berpaling ke sang mantan, alias akan tetap memilih Karimun Estilo dibanding Hyundai Atoz.

Topik: lain-lain | Tagged , suzuki karimun vs hyundai atoz, atoz vs karimun estilo, atoz vs karimun kotak, bedanya karimun kotak vs hyundai atos, double din hyundai atoz.

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+