Tips Cara Membedakan BPKB Mobil-Motor Asli atau Palsu

0

Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu – Bagi anda yang ingin membeli mobil atau motor bekas pastikan dulu keaslian BPKB mobilnya, karena jika sampai bukti kepemilikan itu bermasalah anda akan repot di kemudian hari.

Perlu dikethaui BPKB(Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor) beruba buku yang merupakan bukti sah kita akan kepemilikan suatu kendaraan bermotor, entah itu mobil atau motor. Perlu anda pahami bahwa di mata hukum status kepemilikan kendaraan berdasar BPKB itu lebih tinggi dari pada sekedar STNK.

Bedakan BPKB Mobil Motor Asli Atau Palsu

Bedakan BPKB Mobil Motor Asli Atau Palsu

Itu mengapa jika STNK hilang lebih mudah mengurusnya dibandingkan dengan jika BPKB kendaraan yang hilang, kalau BPKB hilang prosesnya panjang dan persyaratannya banyak. Dan itu mengapa saat kendaraan belum lunas BPKB-nya akan disimpan pihak bank atau leasing, karena saat kendaraan belum lunas mobil itu pada dasarnya masih milik lembaga pemberi kredit mobil walaupun sudah tertera nama nasabah kredit mobil atau motor.

Nah yang jadi masalah adalah bagaimana kalau sebenarnya motor atau mobil bekas yang hendak kita beli itu sebanarnya barang gelap yang tidak ada BPKB-nya? Kemudian dibuatkan duplikatnya yang aspal, alias asli tapi palsu.

Karena itulah kita perlu tahu bagaimana cara membedakan BPKB Mobil-Motor Asli atau Palsu. Berikut ciri-ciri detailnya yang kami kutip dari sumber Divisi Humas Mabes Polri.

Ciri-ciri BPKB Mobil-Motor Yang ASLI:

  • Nomor seri di bawah hologram, untuk membedakan domisili. dalam hal ini untuk detail lebih lanjut hanya ada di Korlantas Polri dan tidak bisa dipublikasikan.
  • Bahan cover berawana lebih gelap dan mengkilap.
  • Hologram di halaman paling depan berwarna abu-abu dan tidak berubah warnanya jika diterawang dari berbagai sisi.
  • Identitas pemilik BPKB tidak terlihat mencurigakan, seperti ada bekas cetakan ulang/dihapus
  • Pada halaman ke-14 terlihat lambang Korlantas Polri jika disinari cahaya ultraviolet. Saat diraba, kertas terasa kasar karena mengikuti logo Korlantas Polri yang timbul.

Ciri-ciri BPKB Mobil-Motor Yang PALSU:

  • Bahan cover agak buram dan kurang mengkilap.
  • Hologram di halaman paling depan warnanya berubah jadi kuning saat diterawang mata.
  • Biasanya BPKB palsu sekedar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik tidak berubah. Sekalipun berubah, biasanya akan terlihat seperti sudah dicetak ulang atau ada bekas tulisan yang dihapus sehingga kertas tampak kusam.
  • Tidak terlihat lambang Korlantas Polri bila disinari cahaya ultraviolet dan Saat diraba, kertas tidak terasa kasar.
  • Tulisan dan nomor seri yang tertera pada BPKB berbeda dengan yang asli.

Kalau ternyata bukti kepemilikannya palsu urusannya akan panjang, karena bukan BPKB saja yang disita namun kendaraan bermotor anda juga akan disita. Nah loh, kok gitu? Lah iya karena bukti kepemilikan-nya bermasalah tentu tidak bisa dijadikan dasar legalitas anda sebagai pemilik yang sah.

Bisa dikatakan BPKB adalah nyawa dalam hal hukum atas kendaraan  mobil atau motor anda, jadi pahami betul ciri-ciri di atas agar anda bisa membedakan BPKB Mobil-Motor Asli atau Palsu.

Topik: Mobkas | Tagged , , .

Tambah Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Nama & Email wajib di isi


+